Senin, 14 Juli 2008

Sop Tetelan

Hari ini masak sop tulangan aja deh biar semua bisa makan.Biasanya kant Ayah maunya masakan asin pedes dan untuk Kakak Mas mesti lauk yang ga' pedes duh jadinya lumayan ribet belum lagi bikin buburnya Adel.Nhah kalau masak sop tinggal nambahin bikin sambel dan goreng krupuk beres.

.Bahan-bahannya seadanya di kulkas :.
1.Tulangan atau saya menyebutnya tetelan dicuci bersih kemudian dimasak dalam air mendidih untuk membuat kaldu jangan lupa bubuhi garam dan disaring untuk membuang buihnya.
2.Kentang dipotong bentuk dadu,wortel diiris tipis,tomat belah jadi 8,daun bawang iris kasar dan daun seledri iris halus.
3.Sedikit minyak untuk menumis
Bumbu :untuk jumlahnya saya pakai ilmu kira-kira ajah.
Bawang merah dan bawang putih dicincang halus,seruas besar jahe digeprek,mrica dan pala bubuk .Dan jangan lupa garam trus sebagai penyedap saya pakai sedikit kecap manis dan jeruk nipis
Cara mebuatnya :
Tumis bawang merah dan bawang putih kemudian masukan ke dalam kaldu.Masukkan berurutan kentang lalu wortel jahe,mrica,pala,garam dan terakhir daun bawang seledri dan tomat.Matikan api, masukan sedikit kecap manis jeruk nipis,pindahkan ke mangkuk saji dan taburi bawang goreng.
Memang cuma sop dan semua orang juga kenal dan pasti bisa tapi sop inilah yang membuat keluarga kami makan lahap dan tentu saja meringankan saya karena bikinnya gampang.Selamat mencoba.......
Maaf photonya???????????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar